Masukkan Code ini K1-87DAE5-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Sabtu, 11 Desember 2010

Sejarah Perusahaan Komputer


1947

Eckert dan Mauchly dengan ENIAC
pionir Komputer Presper Eckert dan John Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corp untuk membangun mesin berdasarkan pengalaman mereka dengan ENIAC dan EDVAC. Mesin-satunya perusahaan yang dibangun BINAC. Sebelum menyelesaikan UNIVAC, perusahaan ini menjadi pembagian Remington Rand.
 



1952 

Heinz Nixdorf didirikan Nixdorf Computer Corp di Jerman. Ini tetap menjadi perusahaan independen hingga penggabungan dengan Siemens pada tahun 1990.

1956 

ElectroData Computer
Burroughs membeli Electrodata. Kalkulator produsen Burroughs diperoleh masuk ke industri komputer dengan membeli perusahaan California selatan Electrodata Corporation. Perusahaan gabungan menjadi raksasa dalam bisnis mesin menghitung dan diperluas ke elektronik dan komputer digital saat ini teknologi yang dikembangkan. Burroughs menciptakan banyak sistem komputer di tahun 1960-an dan 1970-an dan akhirnya bergabung dengan pembuat Sperry Rand (pembuat komputer Univac) untuk membentuk Unisys.


 
1957 

Digital Equipment Corp.
Sekelompok insinyur yang dipimpin oleh Ken Olsen kiri Laboratorium Lincoln MIT mendirikan sebuah perusahaan yang berbasis pada teknologi transistor baru. Pada bulan Agustus, mereka secara resmi menciptakan Digital Equipment Corp pada awalnya mendirikan toko di sebuah pabrik wol sebagian besar kosong di Maynard, Mass, di mana semua aspek pengembangan produk - dari manajemen untuk manufaktur.

 
 
 


CDC 1604
Di Minneapolis, grup Engineering Research Associates yang dipimpin oleh Bill Norris sampai Sperry Rand untuk membentuk sebuah perusahaan baru, Control Data Corp, yang segera dirilis modelnya 1604 computer.










1963

Tandy Radio Shack didirikan. Tandy Radio Shack (TRS) dibentuk oleh penggabungan 1963 dari Tandy Kulit Perusahaan dan Radio Shack. TRS mulai dengan menjual berbagai produk elektronik, terutama untuk penggemar. TRS-80 Model I komputer, diperkenalkan pada tahun 1977, merupakan langkah besar dalam memperkenalkan komputer rumah untuk publik. Seperti Commodore PET dan Apple II, yang diperkenalkan dalam beberapa bulan dari TRS-80, komputer datang berkumpul dan siap untuk menjalankan.

1965

Jack Tramiel
Commodore Business Machines (CBM) didirikan. Pendirinya Jack Tramiel beremigrasi ke Amerika Serikat setelah Perang Dunia II di mana ia mulai memperbaiki mesin ketik. Pada tahun 1965, ia pindah ke Toronto dan mendirikan Commodore International yang juga mulai membuat kalkulator mekanik dan elektronik. Pada tahun 1977, Komodor merilis komputer Commodore PET, di tahun 1981-VIC 20; dan, pada tahun 1982, Commodore 64. Pesaing dibeli CBM Amiga Corporation pada tahun 1984. Meskipun pemasok komputer terbesar di dunia pada satu waktu, pada 1984 perselisihan internal dan tekanan pasar menyebabkan masalah keuangan. Perusahaan ini menyatakan kebangkrutan pada tahun 1994.


1968

Ivan Sutherland dan David Evans
Evans & Sutherland terbentuk. Pada tahun 1968, David Evans dan Ivan Sutherland, keduanya profesor ilmu komputer, mendirikan sebuah perusahaan untuk mengembangkan sebuah komputer grafis khusus yang dikenal sebagai frame buffer. Perangkat ini adalah sebuah memori berkecepatan tinggi khusus yang digunakan untuk menangkap video. Berbasis di Salt Lake City, Utah, kedua pendiri melatih generasi pelopor komputer grafis-baik di E & S atau di departemen ilmu komputer Universitas Utah. Sutherland meninggalkan perusahaan pada tahun 1975, dan Evans pensiun pada awal 1990-an, tapi E & S berlanjut hari ini sebagai pemasok utama sistem grafis militer dan komersial.

1969

Xerox Corp membeli Ilmiah Data Systems untuk hampir $ 1 milyar - 90 kali laba yang terakhir. Seri SDS minicomputer di awal 1960-an login penjualan yang lebih besar daripada Digital Equipment Corp Xerox berubah seri ke komputer XDS tetapi akhirnya menutup divisi dan berhenti untuk memproduksi peralatan.

1970

Engineers at PARC circa 1972
Xerox membuka Palo Alto Research Center (PARC). Pada tahun 1970, Xerox Corporation disewa Dr George Pake untuk memimpin sebuah pusat penelitian baru di Palo Alto, California. PARC menarik beberapa ilmuwan top Amerika Serikat 'komputer, dan menghasilkan banyak penemuan inovatif yang mengubah komputasi-terutama antarmuka pengguna komputer pribadi grafis, Ethernet, printer laser, dan pemrograman berorientasi objek. Xerox tidak mampu pasar penemuan dari PARC tetapi yang lain tidak, termasuk Steve Jobs (Apple), Bob Metcalfe (3Com), serta Charles Geschke dan John Warnock (Adobe)

1971

RCA Spectra 70 advertisment
RCA menjual divisi komputernya. RCA didirikan pada tahun 1919 untuk membuat tabung vakum untuk radio, maka penemuan baru. RCA mulai merancang dan menjual komputer sendiri di awal 1950-an, bersaing dengan IBM dan beberapa perusahaan lainnya. Pada tahun 1970-an, RCA, serta pembuat komputer lainnya, sedang berjuang untuk bersaing dengan IBM. RCA membuat mesin mereka IBM-kompatibel, tapi akhirnya bahkan strategi ini terbukti berhasil. RCA mengumumkan akan tidak lagi membangun komputer pada tahun 1971, menjual bisnis komputer ke Sperry-Rand.





1973

IMSAI 8080 System
IMSAI didirikan. Pada tahun 1973, Bill Millard meninggalkan pekerjaan tetap di manajemen untuk menemukan perusahaan konsultan Manajemen Informasi Services atau IMS. Tahun berikutnya, ketika ia sedang mengerjakan proyek klien, ia mengembangkan sistem komputasi kecil menggunakan Intel maka mikroprosesor baru 8080. Dia menyadari komputer ini mungkin menarik pembeli dan lainnya sehingga ditempatkan iklan di majalah hobi "Popular Electronics," menawarkan dalam bentuk kit. The IMSAI 8080, seperti yang dikenal, dijual cepat dan akhirnya sekitar 20.000 unit yang dikirimkan. Perusahaan ini akhirnya dibeli oleh salah satu dealer dan sekarang sebuah divisi dari Perusahaan Fischer-Freitas, yang masih menawarkan reproduksi asli untuk dijual ke hobbyists.

1975

Xerox Sigma-5
Xerox menutup divisi komputernya. Setelah mendapatkan komputer pembuat Scientific Data Systems (SDS) pada tahun 1969, Xerox didesain ulang garis terkenal SDS's Sigma komputer. Xerox berjuang melawan pesaing seperti IBM dan pada tahun 1975 menutup divisi. Sebagian besar hak atas mesin tersebut dijual kepada Honeywell.



1980

Doug and Gary Carlston at Broderbund Headquarters
Broderbund didirikan. Pada tahun 1980, bersaudara Doug dan Gary Carlston membentuk sebuah perusahaan untuk pasar game Doug telah menciptakan. pertandingan pertama mereka Galactic Empire, Galactic Galactic Trader dan Revolusi. Mereka terus sukses dengan permainan populer seperti Myst (1993) dan terbelah (1997) dan berbagai macam produk rumah seperti Print Shop, tutor bahasa, dll Pada tahun 1998, Broderbund diakuisisi oleh Perusahaan Learning yang, setahun kemudian, itu sendiri diakuisisi oleh Mattel, Inc


1983

Connection Machine 2 dengan DataVault
Thinking Machines didirikan. Thinking Machines Corporation (TMC) dibentuk oleh mahasiswa pascasarjana MIT Danny Hillis dan lain-lain untuk mengembangkan jenis baru superkomputer. Gagasan mereka adalah untuk menggunakan prosesor banyak individu kekuasaan moderat daripada satu prosesor sangat kuat. mesin pertama mereka, disebut The Machine Connection (CM-1), memiliki 64.000 mikroprosesor, dan mulai pengiriman pada tahun 1986. TMC kemudian diproduksi beberapa komputer yang lebih besar dengan lebih-kuat CM-2 dan CM-5. Persaingan dari lebih perusahaan superkomputer mapan memaksa mereka menjadi bangkrut pada tahun 1993.

1994

Early Netscape diskette
Netscape Communications Corporation didirikan. Netscape pada awalnya didirikan sebagai Mosaic Communications Corporation pada bulan April 1994 oleh Marc Andreessen, Jim Clark dan lain-lain. Namanya segera berubah menjadi Netscape dan mengirimkannya browser pertama pada bulan Oktober 1994. Pada hari penawaran umum Netscape pada bulan Agustus 1995, harga saham itu pergi dari $ 28 sampai $ 54 di beberapa menit pertama perdagangan, menilai perusahaan pada $ 2 miliar. Netscape banyak mempekerjakan programer Silicon Valley untuk menyediakan fitur baru dan produk-produk dan mulai booming internet tahun 1990-an.


Jerry Yang and David Filo 
Yahoo didirikan. Didirikan oleh mahasiswa pascasarjana Stanford Jerry Yang dan David Filo, Yahoo dimulai sebagai "Jerry's Guide to World Wide Web" sebelum diganti. Yahoo awalnya tinggal pada dua mesin, Akebono dan Konishiki, baik nama pegulat Sumo terkenal. Yahoo cepat akan memperluas untuk menjadi salah satu mesin yang paling populer di Internet pencarian.





Sumber

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 Comment:

Unknown said...

Thanks Infonya .

PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer.

Kami juga menyediakan pengadaan komputer ke perkantoran,sekolah,kampus,Pemda,dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

Kami melayani pemesanan dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

Untuk Info lebih lanjut Hub :

Herry HP 081808848274
021 5324790 – 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

Posting Komentar

 

IDeKITA - Tips dan Trik Blog & Ilmu Komputer Copyright © 2010 IDeKITA is Designed by IDeKITA