Masukkan Code ini K1-87DAE5-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Rabu, 17 November 2010

TIK


Mengapa kita menganggap wujud dari TIK adalah Internet ? Internet muncul sebagai hasil dari menyatunya (konvergensi) antara Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi. Sebelum muncul internet, telah ada internet atau jaringan komputer lokal maupun antarlokal yang sifatnya tertutup. Sebelum muncul jaringan lokal, telah ada peralatan TI baik yang bekerja berdasar prinsip komputasi maupun secara mekanik elektrik. Contoh perangkat TI yang bekerja menggunakan mekanik elektrik adalah mesin ketik elektronik, alat cetak semi otomatik, relay atau swicth telepon di sentral telepon, papan reklame yang dioperasikan menggunakan rangkaian elektronik analog, dan lain sebagainya.
Komputer dalam bentuknya sekarang merupakan evolusi dari perangkat komputasi elektronik analog, yang selanjutnya dikembangkan menggunakan eletronik digital dengan material silicon. Kebutuhan manusia berkomunikasi ditirukan kepada komputer sehingga muncullah teknologi yang memungkinkan komputer "berbicara" dengan komputer lainnya, atau yang kemudian disebut komunikasi data. Keterhubungan antarkomputer memebentuk jaringan. Sebagaimana manusia, jaringan komputer pun menjadi meluas sebagaimana kemamapuan manusia membangun keterhubungan dengan manusia lain. Dari sinilah dihasilkan jaringan komputer global atau internet.
Teknologi elektronika digital dengan prinsip kerja komputasi hanya digunakan pada komputer sebagaimana yang lazim dikenal awam, namun juga dipakai pada berbagai aplikasi, seperti jam digital, sistem pengendalian proses, penyiaran dan penerimaan televisi dan radio, peralatan rumah tangga (home appliances), mainan anak-anak (toys), pesawat telepon, peralatan telekomunikasi, dan masih banyak lainnya. Semua perangkat ini tergolong TI karena memenuhi definisi TI yakni teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelolah, menganalisis, dan menyajikan informasi. Pada perkembangan terkini semua peralatan ini dapat berkomunikasi satu dengan lain menggunakan protokol komunikasi Internet Protocol (IP), sehingga kita dapat menyaksikan bagaimana sebuah Air Conditioner (AC) dirumah dapat dioperasikan dari mana saja melalui internet. Dapat di maklumi bila kalangan awam beranggapan bahwa TIK itu identik dengan internet.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

IDeKITA - Tips dan Trik Blog & Ilmu Komputer Copyright © 2010 IDeKITA is Designed by IDeKITA