Masukkan Code ini K1-87DAE5-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Jumat, 19 November 2010

Penjelasan Tentang Komputer


Kemajuan teknologi elektronik semakin merambah hampir di setiap aspek bidang kehidupan manusia, baik di bidang telekomunikasi, informasi, administrasi, serta perkantoran, perusahaan bahkan kebutuhan rumah tangga tidak terlepas dari teknologi elektronik.

Teknologi komputer menawarkan berbagai kemudahan dengan kecanggihannya untuk mengerjakan pengolahan data dengan cepat, akurat, dan efisien, bahkan sampai saat ini teknologi komputer dipadukan dengan teknologi komunikasi yang kemampuannya dapat menjelajah informasi pelosokj dunia seperti internet.

Membicarakan tentang komputer, maka dalam kerangka berpikir kita tidak lepas dari apa yang dinamakan dengan sistem. Sistem merupakan kumpulan dari bagian-bagian (subsistem) yang terkait menjadi satu dan membentuk mekanisme kerja yang memberikan fungsi dan manfaat tertentu.
Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama. Komputer dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi (program) yang diberikan, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.

Hubungan ketiga komponen yang terdiri dari Brainware (user), Hardware (perangkat keras komputer), dan Software (perangkat lunak komputer) merupakan satu sistem yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai fungsi komputer sebagai produk teknologi canggih. Hardware sebagai komponen-komponen fisik dari sistem komputer bekerja secara bersama-sama dengan unsur lainnya. Ketiga komponen tersebut akan melakukan proses input data, processing, dan output yang berupa produk informasi.

Komputer sebagai produk teknologi memiliki keunggulan antara lain :
1) mampu mengakses dengan cepat dan tepat,
2) menghasilkan informasi dari data yang lampau,
3) mampu memproses data yang sangat besar menjadi informasi,
4) mampu menyimpan data yang sangat banyak (sampai berukuran TeraByte),
5)mampu melakukan importing data yang dirancang secara khusus.

Komputer dapat bekerja menurut perintah manusia yang menggunakannya. Manusia memberi perintah kepada komputer dengan menggunakan bahasa manusia. Dengan bantuan penterjemah (interpreter atau compiler), bahasa manusia (source program) diterjemahkan menjadi bahasa mesin (object program) yang dimengerti oleh komputer. Istilah program yang berarti kumpulan dari perintah yang diberikan manusia kepada software yang dapat dimengerti oleh komputer akan menghasilkan produk informasi sesuai dengan input data yang telah dilakukan. Sebelum mengoperasikan komputer kita harus memahami komponen-komponen komputer terlebih dahulu.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

IDeKITA - Tips dan Trik Blog & Ilmu Komputer Copyright © 2010 IDeKITA is Designed by IDeKITA