Masukkan Code ini K1-87DAE5-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Minggu, 21 November 2010

TYPE JARINGAN PADA KOMPUTER


Kali ini kita akan membahas mengenai type jaringan pada komputer. kagak usah lama gan langsung aja ya.. Cekidooot.. :D

Type jaringan komputer sangat erat kaitanya dengan Sistem Operasi jaringan dan topologi jaringan.
Ada 2 type jaringan yaitu :
- Client-server, dan
- Peer to peer

1. JARINGAN CLIENT-SERVER 
Server adalah computer yang menyediakan fasilitas bagi computer client didalam sebuah jaringan. Client adalah computer yang menerima/menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server didalam jaringan type client-server disebut Dedikated server, karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan dari type client-server adalah :
- Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitasjaringan dan pengelolanya dilakukan secara khusus   oleh satu computer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation
- System keamanan jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah computer yang bertugas sebagai admin sebuah jaringan, yang mengelola administrsi dan system keaman jaringan.
- System backup data lebih baik, karena pada type jaringan ini backup dilakukan terpusat di server yang akan membackup seluruh data yang digunakan didalam sebuah jaringan.

Kelemahan type jaringan client-server :
- Biaya operational relatif lebih mahal
- Dibutuhkan satu computer yang memiliki kemampuan khusus ( hardware ) untuk ditugaskan menjadi server. - Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka keseluruhan jaringan akan tergangu.

2. JARINGAN PEER TO PEER 
Server didalam jaringan type peer to peer diistilahkan dengan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan
- Antar computer dapat saling berbagj pakai fasilitas yang dimiliki ( harddisk, printer )
- Biaya operational lebih murah dibandingkan dengan type jaringan client-server, kerena jaringan type peer to peer tidak memerlukan server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan penyediaan fasilitas jaringan.
- Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu computer peer to peer mati atau rusak, jaringan keseluruhan tidak mengalami gangguan.

Kelemahan :
- Trouble shooting jaringan lebih sulit, karena pada jaringa type peer to peer setiap computer dimungkinkan untuk terlibat didalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
- Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap computer peer to peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan/aplikasi sendiri.
- System keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.
- Karena data tersebar tersebar dimasing-masing computer jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing computer tersebut.

lain waktu kita lanjutin lagi deh, udah maghrib ne.. hehehehe

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

IDeKITA - Tips dan Trik Blog & Ilmu Komputer Copyright © 2010 IDeKITA is Designed by IDeKITA