Masukkan Code ini K1-87DAE5-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Selasa, 16 November 2010

Sejarah Peralatan Teknologi dan Komunikasi (Bagian II)


Kami sudah menjelaskan peralatan teknologi informasi dan komunikasi bagian pertama, terutama media komunikasi masa lalu. Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang,, konteksnya masih sama sih sebernarnya, hanya bedanya kalau sekarang media komunikasi modern. Dari pada berlama-lamaan, mending langsung cek aja gan :)

Media Komunikasi Modern
Seiring dengan kemajuan teknologi, media komunikasi juga mengalami perkembangan dengan cepat. Berikut akan kita bahas beberapa media komunikasi modern.

a. Telepon
Apakah telepon itu? Apakah kalian sering menggunakannya? Telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexandre Graham Bell pada tahun 1876. Alat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.

Jika semula telepon hanya terbatas pada telepon tetap (Fixed Line Telephone), maka sejak 3 April 1973 telah dikenal suati teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebuta HaPe (singkatan dari Handphone). Handphone merupakan salah satu teknologi komunikasi yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat didunia terutama di Indonesia, hampir setiap orang didunia ini memiliki Handphone. Pada awalnya, Handphone hanya digunakan oleh kalangan tertentu, seperti pengusaha. Akan tetapi, sekarang ini Handphone seolah-olah telah menjadi kebutuhan primer. Fungsi Handphone kini tidak hanya sebagai alat komunikasi yang efektif, tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi).

Teknologi dari alat komunikasi ini semakin lama semakin maju.Ukuran dan bentuk Handphone pun semakin hari semakin kecil dan menarik. Fitur-fitur yang ditawarkan pun semakin beragam. kini Handphone dilengkapi dengan kamera digital, radio FM, pemutar MP3, video, dan berbagai game menarik. Jadi dunia Handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta, dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik, dan video.
Berikut adalah gambaran evolusi pada telepon.

          Telepon pertama yang diciptakan Alexandre Graham Bell


Fixed Line Telephone












                                                               Handphone













  
Telepon genggam, selain berfungsi untuk melakukan panggilan telepon, umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (Short Message Service) atau lebih dikenal dengan sebutan Es-Em-Es (SMS). Telepon -telepon yang lebih mahal juga sering menambahkan fitur layanan seperti (Multimedia Message Service) atau lebih dikenal dengan sebutan Em-Em-Es (MMS) dan internet (WAP, GPRS, 3G, 3.5G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi keempat (4G) yang menambahkan jasa videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka.

b. Koran 
Setiap pagi bagi kebanyakan orang terasa kurang lengkap jika tidak membaca secarik koran untuk menemani mereka sarapan atau minum kopi.
Apakah koran itu? Koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah disebut kertas koran, yang berisi tentang berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa kejadian politik, olahraga, tajuk rencana, cuaca, iklan, dan masih banyak lainnya. Surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka-teki silang (TTS), dan hiburan lainnya.

Ada juga koran yang dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untu industri tertentu, penggemar olahraga tertentu, penggemar seni, atau partisipan kegiatan tertentu. Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Selain itu, terdapat juga surat kabar mingguan dan surat kabar yang terbit sore hari.

Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM di kekaisaran Romawi kuno. Saat itu koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk "Acta Diurna". Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit pertama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk "Relevation". Koran tertua didunia yang saat ini masih terbit adalah "Post-och Inrikes Tidningar" dari Swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645.
Saat ini koran tidak hanya berbentuk kertas, tetapi juga disertai dengan versi online nya di internet.


c. Televisi 
Siapa yang tidak mengenal televisi ? Media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. Hampir seluruh rumah tangga didunia ini mempunyai sebuah atau lebih televisi. Tetapi, apakah televisi itu ? Televisi atau yang biasa kita sebut TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti melihat dari jarak jauh.

Penemuan televisi telah mengubah peradaban dunia. Hal ini karena televisi telah memberikan begitu banyak informasi kepada kita. Beragam stasiun televisi yang ada saat ini dengan aneka program siarannya yang disajikan, telah menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi, berita, dan juga hiburan.

Kapan pertama kali televisi diciptakan ? Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jika dulu kita hanya bisa menikmati televisi hitam-putih, maka sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Layar televisi pun telah mengalami perubahan dari televisi layr cembung ke televisi layar datar.


d. Internet  
Internet merupakan salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang paling maju saat ini. Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Pada awalnya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Setelah itu, di tahun 1970 internet banyak digunakan di universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini.

Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web, yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film., dan musik ditampilkan dalam  internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi.

Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dengan komponen tertentu saja. Tetapi, saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung lewat internet dengan menggunakan modem atau jaringan telepon.

Selain itu, internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Internet telah memungkinkan manusia berhubungan tanpa batasan ruang dan waktu. Selain memberikan banyak manfaat, internet juga memberikan dampak negatif. Hal ini dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang terdapat dalam internet.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

IDeKITA - Tips dan Trik Blog & Ilmu Komputer Copyright © 2010 IDeKITA is Designed by IDeKITA